PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Patahunan 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Febriani, Dina and Patras, Yuyun Elizabeth and Sukmanasa, Elly (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Patahunan 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD DIAN FEBRIANI.pdf

Download (136kB)

Abstract

Dian Febriani, 037113372. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Patahunan 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor 2017. Penelitian ini merupakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif menggunakan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Patahunan 02 Kecamatan Sukaraja yang terdiri dari 31 siswa dengan jumlah siswa perempuan 19 dan 12 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian proses pembelajaran siklus I memperoleh nilai 73,45% dan penilaian siklus II memperoleh nilai 82,16% sudah mencapai indikator keberhasilan 85%, begitu pula dengan penilaian sikap selama proses pembelajaran, pada siklus I siswa memperoleh nilai 61,3% sedangkan siklus II memperoleh nilai 81,5% dan sudah mencapai indikator keberhasilan 85%. Selanjutnya penilaian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,83 dengan hasil ketuntasan 58,1%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 81,06 dengan hasil ketuntasan 87,1% sudah mencapai indikator keberhasilan 85%, artinya peningkatan tersebut bermakna telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV�B di SDN Patahunan 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping, dan Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:38
Last Modified: 15 Sep 2022 03:28
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4940

Actions (login required)

View Item View Item