PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHAREUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Studi Ini MenggunakanPendekatan PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelas IV Sekolah Dasar Negeri Wargasetra IV Kecamatan TegalwaruKabupaten KarawangSemester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Manan, Fiqi Abdul and Badruzzaman, Nedin and Hidayati, Istiqlaliah Nurul (2017) PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHAREUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Studi Ini MenggunakanPendekatan PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelas IV Sekolah Dasar Negeri Wargasetra IV Kecamatan TegalwaruKabupaten KarawangSemester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD Fiqi Abdul Manan.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Fiqi Abdul Manan, NPM 037112194. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Wargasetra IV Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UniversitasPakuan. Bogor. 2017. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Wargasetra IV Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wargasetra IV sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh 70,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 68% dan pada siklus II nilai perubahan aktivitas siswa meningkat menjadi 86% dengan interprestasi baik. Begitu pula ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 69 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 63,3% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan hasil belajar menjadi 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Wargasetra IV Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Selain itu model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan keberanian, kerja sama dan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:40
Last Modified: 15 Sep 2022 03:03
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item View Item