PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI ALAT PERNAPASAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT

Rachmah, Siti Annisa and Hidayat, Rais and Rosdiana, Rina (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI ALAT PERNAPASAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD SITI ANNISA RACHMAH.pdf

Download (184kB)

Abstract

Siti Annisa Rachmah, 037113108. Perbedaan Hasil Belajar Materi Alat Pernapasan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan metode ekperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif NHT (kelas ekperimen 1) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol), TGT (kelas eksperimen 2) dengan konvensional (kelas kontrol) dan NHT (kelas ekperimen 1) dengan TGT (kelas eksperimen 2). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bojonggede 02 Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor, dengan jumlah sampel 108 siswa di kelas VA, VB, VC pada bulan November, semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, homogenitas varians, kemudian uji t. Perhitungan N-Gain diperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Pada uji lieliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas NHT di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,11 ≤ 0,124, pada kelompok kelas TGT di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,11 ≤ 0,145, pada kelompok kelas Konvensional di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,02 ≤ 0,128. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X 2 hitung sebesar (1,793) lebih kecil dari x2 tabel 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 3,75 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99495, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Kesimpulan hasil Penelitian yaitu terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dan model pembelajaram kooperatif Teams Games Tournament. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Teams Games Tournament, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:41
Last Modified: 15 Sep 2022 03:02
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4955

Actions (login required)

View Item View Item