PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA TERHADAP PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN THINK TALK WRITE (TTW)

Ashidiq, Dicky Halin Wijana and Triasianingrum and Istiana, Rita (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA TERHADAP PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN THINK TALK WRITE (TTW). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P BIO DICKY HALIN WIJANA ASHIDIQ.pdf

Download (130kB)

Abstract

DICKY HALIN WIJANA ASHIDIQ 036114078. Perbedaan hasil belajar IPA terhadap penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Think Talk Write (TTW) . Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra. Triasianingrum A, SU dan Rita Istiana, M.Pd. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar IPA materi pokok yaitu Klasifikasi Mahluk Hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas SMPN 1 Rumpin, dengan pengambilan sampel Purposive Sampling. Dipilih dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VII B sebagai kelas Eksperimen dengan model Think Talk Write (TTW) dan kelas VII C dengam model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajaar IPA berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji –t. Nilai N-gain hasil belajar IPA diperoleh nilai 62,3 untuk kelas Discovery Learning dan 54,77 untuk kelas Think Talk Write (TTW Nilai N-gain hasil belajar IPA siswa yang di ajarkan menggunakan model Discovery Learing lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa yang dijarkan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Berdasarkan perhitungan uji-t pertest untuk kelas Discovery Learning dan Think Talk Write (TTW) diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu 3,15 > α 0,05 yang berarti H1 di terima, jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Hasil Belajar IPA siswa yang menggunakan model Discovery Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Dan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Kata kunci: Discovery Learning, Think Talk Write, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:43
Last Modified: 15 Sep 2022 03:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item View Item