ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KONSEP DIRI SISWA SMA NEGERI SE-KECAMATAN BOGOR UTARA

Sari, Susi Fitria and Retnowati, Rita and Triasianingrum (2018) ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DITINJAU DARI KONSEP DIRI SISWA SMA NEGERI SE-KECAMATAN BOGOR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P BIO SUSI FITRIA SARI.pdf

Download (143kB)

Abstract

SUSI FITRIA SARI. 036114037. Analisis Sequential Explanatory Kemampuan Berpikir tingkat tinggi ditinjau dari konsep diri siswa SMA Negeri Se�kecamatan Bogor Utara. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S, dan Dra.Triasianingrum,S.U. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory kuantitatif-kualitatif yang terdiri atas 2 variabel yaitu konsep diri sebagai variabel bebas (X) dan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara konsep diri dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Bogor dan SMA Negeri 8 Bogor 2018/2019 dengan jumlah sampel sebanyak 207 responden. Pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling kriteria Slovin. Data penelitian kuantitatif diperoleh menggunakan soal untuk variabel Y dan questioner untuk variabel X dengan skala sikap rating scale untuk variabel X. Data penelitian kualitatif menggunakan observasi dan wawancara. Uji validitas instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan rumus Point Biseral dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR-20 dan Uji validitas instrumen konsep diri menggunakan rumus Product Moment Person dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data kuantitatif dengan perhitungan statistik deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Sedangkan analisis data kualitatif dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian hipotesis data menggunakan uji korelasi dengan rumus Product Moment Person. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan persamaan regresi Ŷ= 13.3561 + 0.066x. Nilai koefisien korelasi (r) = 0,244 dan r2 = 5,94 % dengan nilai interpretasinya rendah. Harga r2 mengandung arti bahwa 5,94 % kemampuan berpikir tingkat tinggi dipengaruhi oleh konsep diri siswa, sedangkan, sedangkan 94,06% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Konsep Diri, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:47
Last Modified: 15 Sep 2022 02:56
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4978

Actions (login required)

View Item View Item