PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNINGCYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Winarti and Rostikawati, Teti and Sutjihati, Susi (2017) PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNINGCYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 P. BIOLOGI WINARTI.pdf

Download (94kB)

Abstract

WINARTI. 036113032. Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. R Teti Rostikawati, M.Si. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi pada materi Jaringan kelas XI semester I dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan Learning Cycle di SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Oktober 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan Chuster Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dengan model perlakuan Guided Inquiry berjumlah 28 siswa, dan kelas XI IPA 2 dengan model perlakuan Learning Cycle berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung sebesar 9,533, sedangkan ttabel sebesar 2,002 sehingga didapatkan nilai thitung > ttabel. Dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan model pembelajaran Learning Cycle. Dimana model pembelajaran Guided Inquiry dengan skor N-Gain sebesar 77,75 menunjukan pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran Learning Cycledengan skor N-Gain sebesar 48,58. Kata Kunci: Guided Inquiry, Learning Cycle, Hasil Belajar Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:40
Last Modified: 15 Sep 2022 03:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5014

Actions (login required)

View Item View Item