MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Pramesti, Shenie Dara and Kurnia, Dadang and Sukmanasa, Elly (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD SHENIE DARA PRAMESTI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Shenie Dara Pramesti, 037112182. Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match pada siswa kelas IV SDN Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam peneliti ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Bogor yang terdiri dari 35 siswa, dengan komposisi 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, pada siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 71%, siklus II 86% meningkat 15%, observasi perubahan sikap siswa siklus I 69%, siklus II 81% meningkat sebesar 12%, observasi perubahan keterampilan siswa siklus I 66%, siklus II 81% meningkat sebesar 15%, begitu pula dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 60% dan siklus II 85,7% meningkat sebesar 25,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan, kedisiplinan, dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Make a Match, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:54
Last Modified: 14 Sep 2022 08:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5023

Actions (login required)

View Item View Item