PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Lestari, Dewi and Kurnia, Dadang and Sundari, Fitri Siti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD Dewi Lestari.pdf

Download (86kB)

Abstract

Dewi Lestari. 037114074. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini menggunakan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Alat Pernapasan pasa siswa kelas V melalui model Inkuiri Terbimbing. Objek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 kelas V yang terdiri 30 siswa,dengan komposisi 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 75,1, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 84, hasil observasi perubahan sikap siswa pada siklus I 76,5, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 84,5, serta nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 76,6%, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,9 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:57
Last Modified: 14 Sep 2022 08:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5029

Actions (login required)

View Item View Item