Marcelin, Delina and Rostikawati, Teti and Yani, Indri (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE(7E) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2017 P.BIO Delina Marcelin.pdf Download (86kB) |
Abstract
DELINA MARCELIN.036113007. Perbedaan Model PembelajaranLearning Cycle (LC) Dan Group Investigation(GI)TerhadapHasilBelajarBiologiSiswa. Skripsi.UniversitasPakuan. Bogor. Di BawahBimbinganDra. R. TetiRostikawati, M.Sidan Indri YaniM.Pd. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif-eksperimen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarbiologisiswaantara model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigaton (GI) padamateristrukturdanfungsijaringantumbuhandanhewan. Penelitianinidilaksanakanpada bulan Januari 2017.Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XII MIA di SMA Negeri 1 Parungkudatahunakademik 2017/2018. TeknikpengambilansampelmenggunakanSampling Purposive. Sampeluntukkelaseksperimenadalahkelas XI MIA 1 yang diberikanperlakuan model pembelajaranLearning Cycle (LC) denganjumlah 37siswa, dan XI MIA 3 yang diberikan model pembelajaranGroup Investigation (GI) denganjumlah 36siswa. Berdasarkanhasiluji-t padatarafsignifikan α = 0,05 padaranahkognitifdiperolehFhitung4,48sedangkanFtabelsebesar = 1,99 sehinggadiperolehnilai F hitung>F table,dengandemikianhipotesisnol (HO) ditolakdanhipotesisalternatif (Ha) diterima. Bedasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan, dapatsismpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarbiologisiswaantara model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigation (GI).HasilbelajarbiologikelompokLearning Cycle (LC) lebihbaikdibandingkandengankelompokkelasGroup Investigation (GI), haltersebutdibuktikandenganperolehannilai rata-rata aspekkognitifdarimasingmasing model pembelajaran. Kata kunci : model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigation (GI), Hasilbelajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 02:58 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:34 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5036 |
Actions (login required)
View Item |