PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE(7E) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Marcelin, Delina and Rostikawati, Teti and Yani, Indri (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE(7E) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 P.BIO Delina Marcelin.pdf

Download (86kB)

Abstract

DELINA MARCELIN.036113007. Perbedaan Model PembelajaranLearning Cycle (LC) Dan Group Investigation(GI)TerhadapHasilBelajarBiologiSiswa. Skripsi.UniversitasPakuan. Bogor. Di BawahBimbinganDra. R. TetiRostikawati, M.Sidan Indri YaniM.Pd. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif-eksperimen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarbiologisiswaantara model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigaton (GI) padamateristrukturdanfungsijaringantumbuhandanhewan. Penelitianinidilaksanakanpada bulan Januari 2017.Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XII MIA di SMA Negeri 1 Parungkudatahunakademik 2017/2018. TeknikpengambilansampelmenggunakanSampling Purposive. Sampeluntukkelaseksperimenadalahkelas XI MIA 1 yang diberikanperlakuan model pembelajaranLearning Cycle (LC) denganjumlah 37siswa, dan XI MIA 3 yang diberikan model pembelajaranGroup Investigation (GI) denganjumlah 36siswa. Berdasarkanhasiluji-t padatarafsignifikan α = 0,05 padaranahkognitifdiperolehFhitung4,48sedangkanFtabelsebesar = 1,99 sehinggadiperolehnilai F hitung>F table,dengandemikianhipotesisnol (HO) ditolakdanhipotesisalternatif (Ha) diterima. Bedasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan, dapatsismpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarbiologisiswaantara model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigation (GI).HasilbelajarbiologikelompokLearning Cycle (LC) lebihbaikdibandingkandengankelompokkelasGroup Investigation (GI), haltersebutdibuktikandenganperolehannilai rata-rata aspekkognitifdarimasingmasing model pembelajaran. Kata kunci : model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigation (GI), Hasilbelajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:58
Last Modified: 14 Sep 2022 07:34
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item