PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN StudiinidenganpendekatanPenelitianTindakanKelaspadaSiswa KelasV SekolahDasarNegeriTeratai Mas KecamatanGunungSindur Kabupaten Bogor Semester GanjilTahunPelajaran 2017/2018

Mahardika, Aldi Faza and Sumardi and Mulyawati, Yuli (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN StudiinidenganpendekatanPenelitianTindakanKelaspadaSiswa KelasV SekolahDasarNegeriTeratai Mas KecamatanGunungSindur Kabupaten Bogor Semester GanjilTahunPelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD ALDI FAZA MAHARDIKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

AldiFazaMahardika, NPM. 037113038. PenerapanModel PembelajaranSnowball Throwinguntuk Meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran PendidikanKewarganegaraandi Sekolah Dasar Negeri Teratai Mas Kab.Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolabolator. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pelaksanaanoembelajarandanuntukmeningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PendidikanKewarganegaraandengan materi PeraturanUndang-undangPemerintahPusatdan Daerah kelasV melalui model Pembelajaran Snowball Throwing. Objek penelitian ini adalah siswa SDN Teatai Mas kelas V A yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata mata pelajaranPendidikanKewarganegaraanpada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar 66,9, hasil belajar siklus II memperoleh ketuntasan hasil belajar 88,0. Sedangkan proses perbaikanpelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 63,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,5. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada perilaku siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 74,1, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Teratai Mas Kab.Bogor. Selain itu model pembelajaran Snowball Throwing dapat memperbaiki proses pelaksanaanpembelajarandanmeningkatkan keaktifan, kerjasama dan keberanian siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar PKn,ModelSnowball Throwing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:02
Last Modified: 14 Sep 2022 07:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item View Item