PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKUDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERHEAD TOGETHER DAN MODEL DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pertiwi Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018.

Siregar Dhira, Na Aulia and Mahajani, Tri and Windiyani, Tustiyana (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKUDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERHEAD TOGETHER DAN MODEL DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pertiwi Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD Aulia Na Dhira Siregar.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Eksperimen Quasi bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema Lingkungan Tempat Tinggalku dengan pendekatan saintifikmelalui model pembelajaran kooperatif Number Head Together dan model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IVB, IVC, dan IVE SD Pertiwi Bogor semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas gallat data dari ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung< Ltabel. Pada uji homogenitas didapatkan nilai 2hitung (5,054) <2tabel (5,991). Kemudian dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Lingkungan Tempat Tinggalku dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif Number head Together dan model pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai N-Gain model pembelajaran kooperatif Number Head Together 81,00 dan model pembelajaran konvensional 50,08, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Lingkungan Tempat Tinggalku dengan pendekatan saintifik melalui model Discovery Learning dan model pembelajaran konvensional. Rata-rata nilai N-Gain model Discovery Learning 67,76 dan model pembelajaran konvensional 50,08, 3) Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Lingkungan Tempat Tinggalku dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif Number Head Together dan model Discovery Learning. Rata-rata nilai N-Gain model pembelajaran kooperatif Number Head Together 81,00 dan model Discovery Learning 67,76. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema Lingkungan Tempat Tinggalku dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif Number Head Together dan model Discovery Learning, dan model yang paling efektif adalah model pembelajaran kooperatif Number Head Together. Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together, Model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:03
Last Modified: 14 Sep 2022 07:41
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item View Item