HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KECERDASAN NATURALIS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Korelasional ini dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 01 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Oktiani, Mega Arfah and Tampubolon, Saur M. and Permana, Irvan (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KECERDASAN NATURALIS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Korelasional ini dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 01 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2-17 PGSD MEGA ARFAH OKTIANI.pdf

Download (82kB)

Abstract

Mega Arfah Oktiani. 037113257. Hubungan Antara Persepsi Kecerdasan Naturalis Dengan Prestasi Belajar.Skripsi. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar. FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. UniversitasPakuan. Bogor. 2017. Penelitian ini menggunakan studi koresional melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 01 Kota Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 107 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel dari perhitungan rumus adalah sebanyak 52 siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Persepsi Kecerdasan Naturalis dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket berskala lima untuk variabel persepsi kecerdasan naturalis dan menggunakan nilai rapor mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk variabel prestasi belajar. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas enggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan metode Fisher, dan uji sigifikansi menggunakan thitung. Teknis analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi linier Ŷ = 9,15 + 0,05X. berdasarkanuji t diperoleh thitung> ttabel sebesar 30,400 > 2,000 menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan terdapat hubungan positif antara persepsi kecerdasan naturalis dengan prestasi belajar. Adapun kekuatan hubungan ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,974 termasuk kategori sangat kuat dan harga determinasi sebesar 94,8% yang berarti persepsi kecerdasan naturalis berkontribusi terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk memperbaiki Prestasi Belajar maka harus ditingkatkanPersepsi Kecerdasan Naturalis pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 01 Kota Bogor. Kata kunci :Persepsi Kecerdasan Naturalis, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:04
Last Modified: 14 Sep 2022 07:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item