ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDERDI SEKOLAH ALAM DEPOK Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah AlamDepok Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Handayani, Gita Trisna and Anwar, Wawan Syahiril and Sundari, Fitri Siti (2017) ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDERDI SEKOLAH ALAM DEPOK Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah AlamDepok Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD Trisna Gita Handayani.pdf

Download (94kB)

Abstract

Trisna Gita Handayani. 037113354. Analisis Interaksi Sosial Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2017. Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan bentuk interaksi sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk interaksi sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok yaitu mengarah pada dua kutub yang berlawanan yaitu kerjasama dan perkelahian (pertikaian). Subyek dapat berkerjasama ketika fasilitator memberikan tugas secara berkelompok, subyek belum dapat mengeluarkan idenya ketika mengerjakan tugas berkelompok tetapi subyek dapat membantu mengambilkan benda-benda yang dibutuhkan teman-teman kelompoknya. Sulitnya subyek dalam mengendalikan emosi membuatnya sering terpancing untuk berkelahi dengan seorang teman di kelasnya, hal ini dikarenakan ada kecemburuan sosial yang dirasakan seorang teman sekelasnya yang juga Anak Berkebutuhan Khusus karena subyek lebih disenangi teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bentuk interaksi sosial dapat mengarah pada dua kutub yang berlawanan yaitu kerjasama dan perkelahian (pertikaian). Kata kunci: Interaksi sosial, ADHD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:23
Last Modified: 15 Sep 2022 03:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item