PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA

Fitriani, Marista Nur and Sutjihati, Susi and Suhardi, Eka (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 P BIO MARISTA NUR FITRIANI.pdf

Download (107kB)

Abstract

MARSITA NUR FITRIANI. 036113015. Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Susi Sutjihati, M.Si dan Dr. Eka Suhardi, M.Si Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Al Furqon Cileungsi tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A untuk kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah siswa 42 orang, kelas VII B untuk kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Introduction (PBI) dengan jumlah siswa 44 orang. Berdasarkan hasil menggunakan analisis data, diperoleh rata-rata N-Gain hasil belajar pada kelompok kelas PBL sebesar 66; kelompok kelas PBI sebesar 57. Hasil uji t pada taraf signifikan 0,05; diperoleh t hitung 5,28 sedangkan t tabel 1,99. Sehingga diperoleh nilai t hitung > t tabel, dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI). Hasil belajar siswa kelompok kelas PBL lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas PBI. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Problem Based Introduction (PBI),dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:23
Last Modified: 15 Sep 2022 02:11
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5070

Actions (login required)

View Item View Item