PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02 Kecamatan Bogor Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018

Anriyani, Nia and Sumardi and Mulyawati, Yuli (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02 Kecamatan Bogor Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD NiaAnriyani.pdf

Download (120kB)

Abstract

Nia Anriyani, 037113405. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif JigsawpadaMata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02 Kecamatan Bogor Timur. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, melalui 2 siklus dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan kolabolator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peninggalan dan Tokoh Sejarah pada Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia pada siswa kelas VA di Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02 Kecamatan Bogor Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata yaitu 74 dan pada siklus 2yaitu 91. Selain itu terlihat pada perilaku siswa yang nampak meningkat 20,38. Hal ini ditunjukan pada siklus 1 yaitu 68,48 dan siklus 2 yaitu 88,86. Begitupula pada ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 35,29%. Hal ini ditunjukan pada hasil belajar siswa siklus 1yaitu 50% dan siklus 2 yaitu 85,29%. Serta nilai rata-rata hasil belajar pada setiap siklusnya meningkat dari siklus 1yaitu 66,1 sedangkan siklus 2yaitu 76,35. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VA Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02 Kecamatan Bogor Timur. Selain itu model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan perubahan perilaku siswa yaitu percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:31
Last Modified: 15 Sep 2022 03:29
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5076

Actions (login required)

View Item View Item