PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cirimekar 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Pelajaran 2017/2018

Maulidda, Rizkya and Anwar, Syahiril Wawan and Sundari, Fitri Siti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cirimekar 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD Rizkya Maulidda.pdf

Download (99kB)

Abstract

RizkyaMaulidda NPM. 037114399. Penerapan Model PembelajaranKooperatifStudent Teams Achievement DivisionsUntukMeningkatkanHasilBelajarpada Mata PelajaranIlmuPengetahuanAlamdi SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar. FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. UniversitasPakuan, Bogor. 2018.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIlmuPengetahuanAlamkelas V. PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas. Dilaksanakansecarakolaboratifdenganduasiklus. Penelitiandilakukandi SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor, pesertapenelitianadalahsiswakelas VB dengansiswasebanyak 40 orang yang terdiridari 17 orang laki-lakidan 23 orang perempuan. Penelitianinidilaksanakanpada semester genaptahunpelajaran 2017/2018.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaperbaikan proses pembelajaranpadasiklus I memperolehnilai rata-rata 75% danmengalamipeningkatanpadasiklus II denganmemperolehnilai rata-rata menjadi 89%, begitu pula denganhasilobservasiperubahanperilakusiswamenunjukkanpeningkatanpercayadiri, dantanggungjawabsiswadengannilai67% padasiklus I danpadasiklus II mengalamipeningkatandengannilai88%. Kemudiannilai rata-rata darihasilbelajarpadasiklus I memperolehnilai rata-rata 74 danpadasiklus II mengalamipeningkatandengannilai rata-rata 85. Kesimpulanhasilpenelitianinibahwapenerapan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions dalampembelajaranIlmuPengetahuanAlamdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVB di SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor. Kata Kunci: HasilBelajar, Model Student Teams Achievement Divisions, IlmuPengetahuanAlam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:33
Last Modified: 15 Sep 2022 03:32
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item