HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL Studi Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirangin 04 Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Ganjil

Supiarti, Sovi and Hidayat, Rais and Windiyani, Tustiyana (2018) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL Studi Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasirangin 04 Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Ganjil. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD SOVI SUPIARTI.pdf

Download (144kB)

Abstract

Sovi Supiarti. 037114285. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan jenis pendekatan korelasional yang terdiri dari kepercayaan diri sebagai variabel bebas dan interaksi sosial sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial. Penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B di Sekolah Dasar Negeri Pasirangin 04 Cileungsi Kabupaten Bogor yang berjumlah 96 siswa, sampel yang diambil 50 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Instrumen penelitian ini berupa metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang kepercayaan diri dan interaksi sosial. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial.Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ =-3,8 + 1,0X, dengan harga Fhitung sebesar 0,92 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,04 dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 97 %. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial kelas V A dan V B. Sekolah Dasar Negeri Pasirangin 04 Cileungsi Kabupaten Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Kepercayaan diri, interaksi sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:34
Last Modified: 15 Sep 2022 03:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5082

Actions (login required)

View Item View Item