PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Kurikulum 2006 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gunungendut Kabupaten Sukabumi Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018

Nurhasanah, Siti and Sutano and Windiani, Tustiana (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Kurikulum 2006 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gunungendut Kabupaten Sukabumi Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2017 PGSD Siti Nurhasanah.pdf

Download (183kB)

Abstract

Siti Nurhasanah. 037113251. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Demonstration Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2017. Penelitian ini dengan desain dan Model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan perbaikan proses pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Alat Pernapasan Manusia pada siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif Demonstration. Obyek peneliti ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Gunungendut yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisi 13 siswa dan 17 siswi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 73 atau ketuntasan belajar sebesar 63,3% dan siklus II memperoleh nilai 80,3 atau ketuntasan belajar sebesar 86,7%. Artinya penelitian ini berhasil. Begitu pula dengan penilaian kualitas proses pembelajaran pada siklus I sebesar 73,5 dan siklus II sebesar 85,1. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada sikap berupa keaktifan, kerjasama dan kedisiplinan siswa dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 82,6 dan siklus II memperoleh nilai 89,3. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Demonstration dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gunungendut Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi Semester Gasal tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama dan kedisiplinan siswa Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Demonstration.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:35
Last Modified: 13 Sep 2022 03:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item