PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06, Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Rahmawati, Anisa and Kurnia, Dadang and Budiana, Sandi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06, Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD ANISA RAHMAWATI.pdf

Download (130kB)

Abstract

AnisaRahmawati NPM. 037114068. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kooperatif Student Teams Achievement Divisions di Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06 Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pakuan Bogor. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kooperatif Student Teams Achievement Divisions dikelas V. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dilaksanakan secara kolaboratif dengan dua siklus. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06 Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor, peserta penelitian adalah siswa kelas VA dengan siswa sebanyak 24 orang yang terdiridari 15 orang laki-lakidan 9 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran siklus pertama memperoleh nilai sebesar 75% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 89% melampaui indikator keberhasilan 81. Kemudian observasi perubahan sikap siswa menunjukan adanya pada aktifitas siswa dengan memperoleh nilai rata�rata pada siklus pertama sebesar 66,8, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 80,4 melampaui indikator keberhasilan 81. Begitu pula nilai ketuntasan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siklus pertama memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 62,5%, sedangkan siklus kedua memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 87,5% melampaui indikator keberhasilan 85%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Student Team Achievment Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bantar Kambing 06 Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Student Teams Achievement Divisions, Ilmu Pengethuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:37
Last Modified: 15 Sep 2022 03:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item