PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran Cilendek Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Destriani, Widya and Kurnia, Dadang and Sundari, Fitri Siti (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran Cilendek Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD WIDYA DESTRIANI.pdf

Download (124kB)

Abstract

PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas, dilakukansecarakolaboratifantarapenilitidankolabolator.TujuandalampenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarmatapelajaranIlmuPengetahuanAlammateristrukturbumipadasiswakelas V melalui model pembelajaranDiscovery Learning. ObyekpenelitianiniadalahsiswaSekolahDasarNegeriPabuaranCilendekKecamatan Bogor Barat Kota Bogor yang terdiridari 28 siswa.Penelitianinidilakukanpada semester genaptahunpelajaran 2017/2018.Hasilpenelitianmenunjukanbahwaperbaikan proses pembelajaranpadasikluspertamamemperolehnilaisebesar 64, danpadasikluskeduameningkatmenjadi 86, hasil proses pembelajaraninisudahmembuktikantercapainyaindikatorkeberhasilan 81.Hasilobservasiperubahansikapsiswajugamenunjukanadanyapeningkatandenganmemperolehnilai rata-rata padasikluspertamayaitu 74,95danpadasikluskeduameningkatmenjadi 88,75, hasilobservasisikapinisudahmembuktikantercapainyaindikatorkeberhasilan 81. Hasilobservasiperubahanketerampilanpadasikluspertama 74,09, danpadasikluskedua 87,95, hasilobservasiketerampilaninisudahmembuktikantercapainyaindikatorkeberhasilan 81. Begitu pula denganhasilbelajarmatapelajaranIlmuPengetahuanAlammengalamipeningkatan, padasikluspertamaketuntasanhasilbelajarmemperoleh 61% dengannilai rata-rata 68,danpadasikluskeduameningkatmenjadi 86% dengannilai rata-rata 76,71, hasilbelajartersebutsudahmembuktikanbahwasudahtercapainyaindikatorkeberhasilan85%. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranDiscovery Learning dapatmeningkatkanhasilbelajarmatapelajaranIlmuPengetahuanAlammateristrukturbumikelas V SekolahDasarNegeriPabuaranCilendekKecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester GenapTahunPelajaran 2017/2018. Kata Kunci: HasilBelajar, Model PemebalajaranDiscovery Learning, IlmuPengetahuanAlam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:41
Last Modified: 15 Sep 2022 03:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item