HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi Pendekatan Penelitian Korelasional di Kelas V A, V B dan V C Sekolah Dasar Negeri Cijujung 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Nurfadillah, Dianty and Elizabeth, Yuyun and Muhajang, Tatang (2018) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Studi Pendekatan Penelitian Korelasional di Kelas V A, V B dan V C Sekolah Dasar Negeri Cijujung 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD DIANTY NURFADILLAH.pdf

Download (88kB)

Abstract

Dianty Nurfadillah. NPM 037114134. Hubungan Antara Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VA, VB dan VC di Sekolah Dasar Negeri Cijujung 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar oleh orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Subyek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Cijujung 01 Kabupaten Bogor kelas V yang terdiri dari tiga rombongan belajar yaitu VA, VB dan VC yang terdiri dari 51 sampel responden, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Data ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket dengan skala likert dan soal pilihan ganda IPS. Perhitungan validasi instrumen menggunakan rumus Product Moment Person, sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Crobanch. Teknis analisis regresi dan korelasi sederhana dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= =(36,3+0,46x), sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,41 dan koefisien determinasi r2 = 0,168, dan variabel bimbingan belajar oleh orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mendapatkan kontribusi sebesar 17% . Sisanya sebanyak 83% ditentukan oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar oleh orang tua (X) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Y). Kata Kunci : Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:49
Last Modified: 15 Sep 2022 02:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item