PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH KELAS XI SMA PGRI I BOGOR SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam meraih gelar Sarjana Pendidikan

Nurwati, Nunung and Suhendra and Rosdiana, Rina (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH KELAS XI SMA PGRI I BOGOR SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam meraih gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2016 B.INDO Nunung Nurwati.pdf

Download (115kB)

Abstract

Nunung Nurwati: Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learningdalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA PGRI 1Bogor. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model project based learning dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA PGRI 1Bogor, serta mengetahui kendala siswa saat menulis karya ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan denganobservasi, tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA PGRI I Bogor. Sampelpenelitianiniyaitukelas XI IPA 1 sebagaikelaseksperimendan XI IPA 2 sebagaikelaskontrol.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bogor, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (prates) di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 59,49, sedangkan hasil tes akhir (postes) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80. Hasil tes awal (prates) di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 54,82, sedangkan pada tes akhir (postes) di kelas kontrol setelah diterapkan modelCIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 70,23. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik dengan menggunakan model project based learning, yaitu nilai rata-rata 59,49 menjadi 80.Berdasarkan dari hasil perhitungan terebut, maka diperoleh harga thitung = 3,87 dari hasil db = 65. Dan diperoleh harga t0,99 = 2,39 dan harga t0,95 = 1,67. dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel atau harga thitung signifikan karena ttabel < thitung, yaitu 1,67<3,87>2,39.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang dirumuskan oleh peneliti baik hipotesis pertama maupun hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya berdasarkan data yang diperoleh.Hipotesis kedua teruji kebenarannya berdasarkan hasil angket yang diperoleh bahwa hampirseparuhnyasiswaatau 63% mengalamikendaladalammenuliskanlatarbelakangdalammenuliskaryailmiah, hampirseparuhnyasiswaatau 42%mengalamikendaladalammenuliskanisipadakaryatulisilmiah, dan sebanyak 60% siswa mengalamikendaladalampenyusunansistematikakaryatulisilmiah. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh responden bahwa terdapat berbagai kendala yang dialami siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah. Kata kunci: Kemampuan menulis, karya ilmiah, project based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:46
Last Modified: 14 Sep 2022 06:59
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5109

Actions (login required)

View Item View Item