PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Neglasari Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Billa, Audia Salsa and Budiana, Sandi and Santa (2021) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Neglasari Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021PGSD AUDIA.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Audia Salsa Billa 037117097. Pengaruh Interaksi Sosial dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa Mengisi Kemerdekaan. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Neglasari 05 Dramaga Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 73 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh interaksi sosial dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,474. Ini menunjukkan adanya pengaruh antara interaksi sosial dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,2246 atau sebesar 22,46%. Sisanya sebanyak 77,54% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan pada siswa sebesar 22,46% ditentukan oleh interaksi sosial dalam pembelajaran melalui persamaan regresi Ŷ = 11,39 + 0,50X, artinya setiap kenaikan unit nilai interaksi sosial dalam pembelajaran akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan sebesar 0,50 unit. Berdasarkan hasi penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Neglasari 05 Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Hasil Belaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:52
Last Modified: 26 Aug 2022 12:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item