PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATFI EXAMPLES NON EXAMPLES Studi Kurikulum KTSPini Dengan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 03 Kecamatan Cilodong Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Solehudin, Muchlis and Tampubolon, Saur M and Muhajang, Tatang (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATFI EXAMPLES NON EXAMPLES Studi Kurikulum KTSPini Dengan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 03 Kecamatan Cilodong Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD MUCHLIS SOLEHUDIN.pdf

Download (105kB)

Abstract

Muchlis Solehudin, 037114268. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018.Penelitian ini menggunakan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Examples Non Examples dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Peristiwa Alam Beserta Dampaknya kelas VC Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 03. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VC Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 03 yang terdiri dari 37 siswa, dengan komposisi perempuan 17 siswa dan laki-laki 20 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian proses pembelajaran pada siklus I sebesar64,59%, pada siklus II meningkat menjadi 80,5%, dan pada siklus III meningkat menjadi 86,00% dengan interpretasi baik. Pada nilai rata-rata perubahan perilaku siswa siklus I yaitu 66,25%, pada siklus II meningkat menjadi 85,71% dan pada siklusIII perubahan perilaku siswa meningkat menjadi 87,80% dengan interpretasi baik. Kemudian nilai rata-ratahasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siklus I memperoleh nilairata-rata 66,96% dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 48,6%, kemudian pada siklus II memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,6 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 62,1%.Dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,3 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 89,2% Artinya penelitian telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Examples Non Examplesmemperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alammateri peristiwa alam beserta dampaknya di kelas VC Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 03Kecamatan Cilodong Kota Depok semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Examples Non Examples dapat meningkatkan ketelitian, keaktifan dan kerjasama siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:46
Last Modified: 14 Sep 2022 06:56
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item View Item