PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Kartiningsih, Wulan and Rosdiana, Rina and Windiyani, Tustiyana (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD WULAN KARTININGSIH.pdf

Download (119kB)

Abstract

Wulan Kartiningsih. 037114392. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2018. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner angket. Uji validitas minat belajar dan reward menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A, V B, dan V C Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor berjumlah 111 siswa. Sampel yang diambil 53 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh antara Reward dengan Minat Belajar. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 24,307 + 0,7164X, dengan harga Fhitung sebesar 1,10 < dari Ftabel sebesar 2,21, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 56%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara reward dengan minat belajar pada siswa kelas V A, V B dan V C Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Reward, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:27
Last Modified: 15 Sep 2022 02:22
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5126

Actions (login required)

View Item View Item