HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN SISWA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Suhrawardi, Dina Aprilia and Budiana, Sandi and Novita, Lina (2018) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN SISWA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Batu 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD DINA APRILIA SUHRAWARDI.pdf

Download (137kB)

Abstract

Dina Aprilia Suhrawardi. 037114091. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Disiplin Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Kuantitatif Studi Korelasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara konsep diri dengan disiplin siswa pada siswa kelas V SD Negeri Kota Batu 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Subyek penelitian ini adalah 80 siswa kelas V SD Negeri Kota Batu 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata dari nilai variabel konsep diri adalah 89,88, sedangkan variabel disiplin siswa memiliki rata-rata 90,95 dengan demikian hubungan konsep diri dengan disiplin siswa secara analisis statistik ditunjukan dengan hasil uji signifikasi dan regresi dengan persamaan regresi Ŷ= 48,374+0,4737x. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu nilai variabel disiplin siswa sebesar 0,4737 unit. Kekuatan hubungan antara konsep diri dengan disiplin siswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi dengan nilai r sebesar 0,48 yang berarti memiliki hubungan yang sedang. Besarnya kontribusi konsep diri dengan disiplin siswa ditunjukkan oleh koefisien (r²) sebesar 0,23 dengan koefisien determinasi sebesar 23%. Hal tersebut bahwa penaikan atau penurunan disiplin siswa ada hubungan nya dengan konsep diri sebesar 23% dan sisanya 77% oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hubungan antara konsep diri dengan disiplin siswa pada kelas V SD Negeri Kota Batu 02 Kabupaten Bogor memiliki hubungan yang sedang. Kata kunci : Konsep Diri dan Disiplin Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:23
Last Modified: 15 Sep 2022 02:08
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item