PENERPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekataan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3 Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018

Kurniawan, Endro Fajar and Badruzzaman, Nedin and Sukmanasa, Elly (2018) PENERPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekataan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3 Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD ENDRO FAJAR.pdf

Download (210kB)

Abstract

Endro Fajar Kurniawan NPM 037113410. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3 Kota Depok. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, Bogor. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Dilaksanakan secara kolaboratif dengan dua siklus. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3 Kota Depok, peserta penelitian adalah siswa kelas V A dengan siswa sebanyak 33 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77.33 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata menjadi 87.33 dengan indikator keberhasilan 81 sudah terlampaui. Begitu pula dengan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukkan peningkatan kerjasama, tanggung jawab dan percaya diri siswa dengan nilai 78 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 86 dengan indikator keberhasilan 85 yang artinya sudah terlampaui. Kemudian hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai presentase 76% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai presentase 88% dengan KKM 85% sudah terlampaui. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division dalam pembelajaran Matematika dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cimpaeun 3 Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Student Team Achievement Division, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:22
Last Modified: 16 Sep 2022 05:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item