PENINGKATAN HASIL BELAJARSUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Leuwiranji 02 Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Yuliawati, Riska and Anwar, Wawan Syahiril and Sundari, Fitri Siti (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJARSUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGDENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Leuwiranji 02 Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD RISKA YULIAWATI.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada subtema bersyukur atas keberagaman melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learningdengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 25 siswa, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 Sekolah Dasar Negeri Leuwiranji 02. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas pada siklus I dengan nilai rata-rata 73, siklus II dengan nilai rata-rata 79, dan siklus III dengan nilai rata-rata 89 artinya penilaian kualitas proses pelaksanaan pembelajaran di kelas setiap siklus meningkat atau berhasil. Begitupula dengan hasil ketuntasan belajar siswa siklus I ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar 44% dengan nilai rata-rata 68, siklus II ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar 72% dengan nilai rata-rata 75, dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar yang diperoleh 92% dengan nilai rata-rata 83. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dan berhasil mencapai KKM 71. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman melalui model pembelajaran Discovery Learningdengan pendekatan saintifikdapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Leuwiranji 02 Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:00
Last Modified: 15 Sep 2022 01:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item