PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Ulfiyah, Laely and Afrikani, Triasianingrum and Sunardi, Oding (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD LAELY ULFIYAH.pdf

Download (135kB)

Abstract

LAELY ULFIYAH. 036113028. Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Skripisi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. Triasianingrum A, S.U. dan Drs. Oding Sunardi, M.P.d Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Problem Based Learning dengan Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi keanekaragaman hayti dan klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5 di SMAN 1 Cibungbuang Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampeling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning berjumlah 35 siswa dan kelas X IPA 5 sebagai kelas pembanding yang diberi perlakuan model Guided Inquiry berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata N-Gain kelompok Problem Based Learning sebesar 73 dan pada kelompok Guided Inquiry memiliki rata-rata nilai N-Gain sebesar 60. Hasil uji-t pada taraf yang signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,36 dan ttabel = 1,99 sehingga diperoleh thiutng > ttabel, maka dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model Problem Bsed Learning dengan Guided Inquiry terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati dan klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar siswa kelompok model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan kelompok pembanding model Guided Inquiry. Kata Kunci : Kuantitatif, Eksperimen, Problem Based Learning, Guided Inquiry, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:58
Last Modified: 15 Sep 2022 01:51
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item