PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelas X MIPA-6 di SMAN 6 Bogor)

Purnamasari, Yuliana and Triasianingrum and Sutjihati, Susi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelas X MIPA-6 di SMAN 6 Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD YULIANA PURNAMASARI.pdf

Download (87kB)

Abstract

Yuliana Purnamasari. 036113046. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X-MIPA 6 di SMA Negeri 6 Bogor). Skripsi Universitas Pakuan Bogor. Di bawah Bimbingan Dra. Triasianimgrum A, S.U dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi yang meliputiranahkognitifdanafektifdengan subyek penelitian 36 siswa kelas X MIPA-6 SMA Negeri 6 Bogor.WaktupenelitiandarimulaiperencanaanhinggaselesaipenelitiandilaksanakanpadabulanFebruarihingga September 2017. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Di setiap akhir siklus dilaksanakan tesberupasoalpilihanganda dengan instrumentranahkognitif yang telah divalidasi dan diuji reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif mencapai 74,38 dengan presentase pencapaian kriteriaketuntasanminimum (KKM) 63,88% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 83,11 dengan presentase pencapaian KKM 86,11%. Nilai hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 75 dengan presentase pencapaian 66,50% dan meningkat pada siklus II sebesar 84 dengan presentase pencapaian 89.00%. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 46,16%, dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 57,06%. Pada siklus II pertemuan 1 mencapai 63,47% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 79,07%yang sesuai dengan pencapaian kriteria keberhasilan KKM sebesar 75%. Hasil ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA-6 SMA Negeri 6 Bogor. Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Based Instruction (PBI) dan Course Review Horay (CRH)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:55
Last Modified: 15 Sep 2022 01:48
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5150

Actions (login required)

View Item View Item