PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X MIA 1 di MAN CijerukKabupaten Bogor)

Ridwansyah, Iwan and Kurniasih, Surti and Sutjihati, Susi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X MIA 1 di MAN CijerukKabupaten Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P,BIO Iwan Ridwansyah.pdf

Download (81kB)

Abstract

IWAN RIDWANSYAH. 036111075. 2015. Penerapan Model PembelajaranTeam AssistedIndividualization(TAI)danCourse Review Horay (CRH) UntukMeningkatkanhasilBelajarBiologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionResearch) dengansubjekpenelitiansebanyak38 siswakelas X-MIA1. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkan hasil belajar Biologiyang meliputiranahkognitif, danranahafektif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus,setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaranTeam Assisted Individualization (TAI)danCourse Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi. Nilai rata-rata siswasebelumdilakukannyapenelitiansebesar 68dengan persentasepencapaian KKM 53%, Padasikluspertamanilai rata-rata hasilbelajarranahkognitifmeningkatmanjadi 70.20denganpersentasepencapaian KKM 65.78%, sikluskeduanilai rata-rata meningkatkembalimenjadi 76.89denganpersentasepencapaian KKM 81.57%. Hasilbelajarranahafektifsikluspertamasebesar 74.91 denganpersentasepencapaian 68.42%, danmeningkatpadasikluskeduasebesar 80.49 denganpersentasepencapaian 84.21%.Aktivitassiswapadasiklus 1 pertemuan 1 mencapai 71.06%, danmeningkatpadapertemuan 2 menjadi 74.86%. Padasiklus 2 pertemuan 1 mencapai 78.66% danmeningkatpadapertemuan 2 menjadi 82.75%. Berdasarkanhasil yang dicapai, dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaranTeam Assisted Individualization (TAI)danCourse Review Horay (CRH)dapatmeningkatkanhasilbelajarBiologisiswa di kelas X-MIA1 MANCijerukBogor. KataKunci: Model PembelajaranKooperatif, Team AssistedIndividualization (TAI), Course Review Horay (CRH), HasilBelajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:55
Last Modified: 15 Sep 2022 01:43
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5158

Actions (login required)

View Item View Item