Maulani, Putri and Mahajani, Tri and Chodijah, Siti (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
PUTRI MAULANI_032118092.pdf Download (135kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri Maulani. 032118092. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Cibarusah Kabupaten Bekasi serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerita fabel menggunakan model Cooperative Script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 5 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pretest siswa kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata 48 dapat diketahui bahwa kemampuan siswa berada pada kategori kurang mampu dalam menulis teks cerita fabel, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 81 menunjukkan tingkat penguasaan mampu. Berdasarkan hasil perhitungan selisih antara nilai pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai N-Gain yang diperoleh dari nilai pretest kelas eksperimen sebesar 48 dan nilai posttest sebesar 81 sehingga nilai skor N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 0,6 berada pada kategori sedang, begitu pun pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest sebesar 59 dan nilai posstet sebesar 79 kemudian dihitung skor N-Gain dan skor nilai yang diperoleh yaitu 0,5 termasuk dalam kategori sedang. Dari uraian tersebut, dapat diketahui bahwa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol berada pada kategori yang sama yaitu kategori sedang, namun terdapat peningkatan skor yang lebih signifikan pada kelas eksperimen. Hal ini disebabkan karena kelas eksperimen telah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Cooperative Script yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel jika dibandingkan dengan model pembelajaran Take and Give yang diterapkan pada kelas kontrol. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami kendala saat menulis teks cerita fabel terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa siswa mengalami kendala saat menyusun alur cerita dalam menulis teks cerita fabel sebanyak 20 siswa dengan persentase 65%, siswa mengalami kendala saat menyusun kaidah kebahasaan dalam menulis teks cerita fabel sebanyak 19 siswa atau 61%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Cibarusah Kabupaten Bekasi, meskipun masih terdapat kendala saat menulis teks cerita fabel. Kata Kunci: Model Cooperative Script, Keterampilan Menulis, Teks Cerita Fabel
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:30 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:30 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5167 |
Actions (login required)
View Item |