ANALISIS TINDAK TUTUR PADA FILM STIP & PENSIL KARYA ARDY OCTAVIAND DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Ningsih, Reni Saputri and Mahajani, Tri and Nurjaman, Aam (2022) ANALISIS TINDAK TUTUR PADA FILM STIP & PENSIL KARYA ARDY OCTAVIAND DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Reni Saputri Ningsih_032116091.pdf

Download (614kB)

Abstract

ABSTRAK Reni Saputri Ningsih: Analisis Tindak Tutur Pada Film Stip Dan Pensil Karya Ardy Octaviand Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur pada film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Sumber data utama penelitian ini yaitu film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand yang rilis pada tanggal 20 April 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data penelitian berupa kutipan tuturan film yang mengandung tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak, dengan teknik dasar yaitu teknik sadap dilanjut dengan teknik bebas libat cakap kemudian teknik catat. Pada hasil penelitian ini menemukan beberapa jenis tindak tutur yang digunakan dalam tuturan dialog pada film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand, yaitu tindak tutur lokusi meliputi deklaratif, interogatif, dan imperatif. Tindak tutur ilokusi meliputi asertif, direktif, komisif, deklaratif, dan ekspresif. Tindak tutur perlokusi meliputi representatif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Adapun jenis tindak tutur yang paling dominan yang sering muncul pada dialog film tersebut adalah tindak tutur ilokusi. Hasil pada penelitian ini memberi implikasi yang positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP, khususnya kelas VIII dengan materi teks ulasan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan siswa dapat menelaah dan menganalisis struktur dan kebahasaan pada film. Dan menyajikannya tanggapan baik lisan atau tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan atau aspek lisan. Kata Kunci : Film Stip & Pensil, Tindak Tutur, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:29
Last Modified: 14 Sep 2022 06:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item