Maryadi, Anisa and Sarimanah, Eri and Rosdiana, Rina (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VII SMP BINA REMAJA MEGAMENDUNG BOGOR JAWA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Roy Efendi_032117086.pdf Download (246kB) |
|
Text
Annisa Maryadi_032117086.pdf Download (246kB) |
Abstract
ABSTRAK Anisa Maryadi: "Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VII SMP Bina Remaja", Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inkuiri dalam meningkatkan keterampilan menulis Surat Dinas pada siswa kelas VII SMP Bina Remaja, serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis surat dinas. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan teknik tes, angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat dinas, melalui penerapan model inkuiri. Teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis surat dinas. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bina Remaja dengan sampel kelas VII A (x) dan kelas VII B (y). teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dinas. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan keterampilan menulis surat dinas di kelas eksperimen. Hasil prates di kelas eksperimen diperoleh bahwa siswa mempunyai tingkat kemampuan dengan nilai rata-rata 54.5. Hasil postes di kelas eksperimen mempunyai tingkat kemampuan dengan nilai rata rata 70.8. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri. Bukti tersebut dikuatkan lagi dengan adanya perbedaan yang signifikan antara skor hasil tes kelas eksperimen dengan model inkuiri dan kelas kontrol dengan model PBL. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus 1-tes, diperolehharga t0,99 = 2,45 dan harga t0,95 = 1,69. Dengan demikian, t hitung jauh lebih besar daripada trabel atau harga thitung signifikan karena nilai tabun thitung, yaitu 1,69<3,50> 2,69. Dengan demikian, model inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dinas pada siswa. Kata kunci : Keterampilan Menulis, Surat Dinas, Model Inkuiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 03:53 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:03 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5170 |
Actions (login required)
View Item |