PENGGUNAAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA ULANG PADA SISWA KELAS XI SMK MASTER INDONESIA KABUPATEN BOGOR SKRIPSI Diajukkan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Gelar Sarjana Pendidikan

Rohendi, Riyan and Mahajani, Tri and Suhendra (2018) PENGGUNAAN MEDIA LAGU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA ULANG PADA SISWA KELAS XI SMK MASTER INDONESIA KABUPATEN BOGOR SKRIPSI Diajukkan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 B.INDO Riyan Rohendi.pdf

Download (169kB)

Abstract

Riyan Rohendi: Penggunaan Media Lagu untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Ulang Siswa Kelas XI SMK Master Indonesia Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan menulis cerita ulang siswa kelas XI AK SMK Master Indonesia Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis cerita ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Master Indonesia. Sampel penelitian ini adalah kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan teknik membaca kritis dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita ulang dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 61,65 dapat diketahui kemampuan siswa cukup mampu dalam membuat cerita ulang, sedangkan hasil tes akhir rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis cerita ulang meningkat menjadi 85,87 dengan taraf kemampuan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3,8 dan db = 57 dengan tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39serta tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,8>2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis cerita ulang terbukti kebenarannya. Bedasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa pada proses menulis 23 siswa atau 77% kesulitan memahami tujuan penulis. siswa pun kesulitan menemukakan kelebihan pada saat proses menulis, dilihat dari 7 siswa beranggapan sulit atau 23%, dan 13% siswa merasa kesulitan memberikan penilaian akhir atau simpulan terhadap cerita ulang yang ditulis. Kendala tersebut terjadi pada proses menulis. Kendala terlihat ketika 23 atau 77% siswa kesulitan menuangkan kelebihan yang diperoleh saat proses menulis ke dalam bentuk cerita ulang. Kata kunci: Keterampilan menulis cerita ulang, media lagu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:54
Last Modified: 15 Sep 2022 01:09
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5183

Actions (login required)

View Item View Item