PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI

Utami Putri, Novalia Intan and Rostikawati, Teti and Latifah, Suci Siti (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P.BIO Intan Novalia Putri Utami.pdf

Download (91kB)

Abstract

INTAN NOVALIA PUTRI UTAMI. 036114053. Pengaruh ModelPembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Biologi SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogor.Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah (KPM) menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Konvensionalpada siswa kelas X di SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogor dengan materi keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Populasi penelitian adalah kelas X di SMA Asyuja’iyah Nagrak Bogortahun akademik 2017/2018. Sampel digunakan kelas X MIPA A diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan jumlah 40 siswa. Kelas X MIPA B diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 40 siswa. Hasil penelitian siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensionallebih rendah dalam pencapaian KPM dengan rata-rata N-Gain 41,95, sedangkan kelompok kelas model pembelajaran DiscoveryLearning lebih tinggi dalam pencapaian KPM dengan rata-rata N-Gain49,40. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh thitung 4,028 sedangkan ttabel sebesar 1,994 sehingga didapatkan bahwa nilai thitung> ttabel, maka HO ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat perbedaan KPM antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Discovery Learning. Diantara kedua model tersebut, model pembelajaran Discovery Learning lebih memperlihatkan pengaruh signifikan terhadap KPM. Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Memecahkan Maasalah Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:56
Last Modified: 15 Sep 2022 00:56
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item