IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH IPA (Penelitian Tindakan Kelas Lesson Study pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Cibinong

Nurhayati, Ismayani and Kurniasih, Surti and Susanto, Lufty Hari (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH IPA (Penelitian Tindakan Kelas Lesson Study pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Cibinong. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P BIO ISMAYANI NURHAYATI.pdf

Download (120kB)

Abstract

Ismayani Nurhayati, 036114098 Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah IPA. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si., dan Lufty Hari Susanto, M.Pd. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study (PTKLS). Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan implementasi model pembelajaran PBL berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Oktober 2018 yang terdiri atas 39 siswa di kelas VIII-3. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), dan refleksi (See). Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validasi ahli. Nilai rata-rata siklus I sebesar 74,47 dan persentase pencapaian KMM 51,28% meningkat pada siklus II menjadi 84,05 dan persentase pencapain KMM 82,05%. Hal ini telah melewati batas nilai KMM yang ditentutkan yaitu sebesar 75 dan kriteria keberhasilan 75%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan KMM pada setiap siklusnya. Berdasakan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis Lesson Study dapat Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah siswa kelas VIII-3 di SMPN 4 Cibinong. Kata kunci: Model pembelajaran, problem based learning, kemampuan memecahkan masalah, lesson study

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:03
Last Modified: 15 Sep 2022 01:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item View Item