ERBEPDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DI SMA KOSGORO BOGOR Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Latifah, Siti and Sutjihati, Susi and Triasianingrum (2017) ERBEPDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DI SMA KOSGORO BOGOR Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
siti latifah.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK SITI LATIFAH. 036113038. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di Sma Kosgoro Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. dan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada Materi Keanekaragaman hayati dan Virus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Desember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Kosgoro Bogor tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 6 untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan jumlah 34 siswa dan kelas X MIPA 5 menggunakan model Discovery Learning dengan jumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata N-Gain kelompok Problem Based Learning sebesar 44,99 dan kelompok Discovery Learning sebesar 54,35. Hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2, 63 dan ttabel = 2,00 sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning. Hasil belajar siswa kelompok Pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan kelompok Problem Based Learning. Kata Kunci : Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:28
Last Modified: 14 Sep 2022 07:07
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item