“ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY PARTISIPASI SISWA DALAM MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI EFIKASI DIRI”

Sholihah, Nur’amalia Annisa and Suhardi, Eka and Latifah, Suci Siti (2018) “ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY PARTISIPASI SISWA DALAM MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI EFIKASI DIRI”. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P.BIO Annisa Nur’amalia Sholihah.pdf

Download (92kB)

Abstract

ANNISA NUR’AMALIA S. 036114084.Analisis Sequential Explanatory Partisipasi Siswa Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Ditinjau Dari Efikasi Diri.Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Eka Suhardi, M.Si, dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory kuantitatif-kualitatif yang terdiri atas 2 variabel yaitu Efikasi Diri sebagai variabel bebas dan Partisipasi Siswa Dalam menjaga Kelestarian Lingkungan sebagai variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengenaihubungan antara efikasi diri dengan partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - September 2018.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kecamatan Rancabungur tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden.Pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan kriteria Slovin.Data penelitian kuantitatif diperoleh menggunakan questioner dengan skala sikap rating scale untuk kedua variabel.Data penelitian kualitatif wawancara.Uji validitas butir instrumen menggunakan rumus Product Moment Person dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach.Analisis data kuantitatif dengan perhitungan statistik deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett.Sedangkan analisis data kualitatif dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pengujian hipotesis data menggunakan uji korelasi dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara efikasi diridan partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan persamaan regresi Ŷ = 103,02 + 0,34x. Nilai koefisien korelasi (r) = 0,552 dan r2 = 0,304. Harga r2 mengandung arti bahwa 30,4% partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan dipengaruhi oleh efikasi diri, sedangkan 60,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun faktor lain yang diduga berhubungan/berkontribusi terhadap partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan selain efikasi diri adalah gaya hidup, pembiasaan diri, pengaruh teman sebaya dan sarana prasarana. Kata kunci : efikasi diri, partisipasi siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:05
Last Modified: 15 Sep 2022 01:02
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5200

Actions (login required)

View Item View Item