Indriyani and Suhardi, Eka and Taufik, Muhammad (2018) ANALISIS SEQUENTIAL EKSPLANATORY TENTANG LITERASI SAINS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2018 P BIO INDRIYANI.pdf Download (123kB) |
Abstract
INDRIYANI. 036114001. Analisis Sequential Explanatory Literasi Sains Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. H. Eka Suhardi, M.Si, dan Muhamad Taufik, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory kuantitatif-kualitatif yang terdiri atas 2 variabel yaitu Motivasi Belajar sebagai variabel bebas (X) dan Literasi sains sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informa si mengenai seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dengan literasi sains. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kecamatan Cileungsi tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel sebanyak 192 responden. Pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling kriteria Slovin. Data penelitian kuantitatif diperoleh menggunakan questioner dengan skala sikap rating scale untuk variabel Motivasi belajarl dan Soal Literasi sains yang mengacu pada PISA. Data penelitian kualitatif menggunakan observasi dan wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment Person dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data kuantitatif dengan perhitungan statistik deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Sedangkan analisis data kualitatif dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian hipotesis data menggunakan uji korelasi dengan rumus Product Moment Person dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan literasi sains dengan persamaan regresi Ŷ = -227,53 + 3,601x. Nilai koefisien korelasi (r) = 0,635 dan r2 = 0,403 dengan nilai interpretasinya kuat. Harga r2 mengandung arti bahwa 40,3% literasi sains siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar, sedangkan 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : motivasi belajar, literasi sains
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:05 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:00 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5203 |
Actions (login required)
View Item |