PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Skripsi Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Januwati, Fauzia Catur and Triasiningrum and Suhardi, Eka (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Skripsi Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P BIO FAUZIA CATUR JANUWATI.pdf

Download (141kB)

Abstract

FAUZIA CATUR JANUWATI. 036114067. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dan Problem Based Learning (PBL) siswa SMA Negeri 6 Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dra. Triasiningrum A,S.U dan Dr. Eka Suhardi, M.Si. Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar biologi dengan menggunakan Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Bogor dengan materi struktur dan fungsi sel penyusun jaringan tumbuhan. penelitian dilaksanakan pada bulan oktober. Populasi penelitian adalah kelas XI di SMA Negeri 6 Bogor tahun akademik 2018/2019. Sampel digunakan kelas XI MIPA 2 kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan jumlah siswa 36 siswa. Kelas XI MIPA 1 kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan jumlah 37 siswa. Hasil penelitian siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan rata�rata N-Gain 50 sedangkan kelompok kelas model pembelajaran Problem Based Learning dengan rata-rata N-Gain 40. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikasi α = 0,05, diperoleh thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Diantara kedua model eksperimen, model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih memperlihatkan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Problem Based Learning, hasil belajar biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:26
Last Modified: 15 Sep 2022 01:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item View Item