PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X MIPA SMA KORNITA BOGOR)

Fauziawati, Khusnul and Triasianingrum and Rostikawati, Teti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X MIPA SMA KORNITA BOGOR). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P BIO KHUSNUL FAUZIAWATI.pdf

Download (118kB)

Abstract

Khusnul Fauziawati, 036113021. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan Dra. Triasianingrum Afrikani, SU, dan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan objek yang diteliti. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA SMA Kornita Bogor yang terdiri dari 33 jumlah siswa. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat 4 tahapan antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Di setiap akhir siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji reabilitasnya. Hasil nilai rata-rata kognitif pada siklus 1 yaitu 66,52 dengan persentase pencapaian KKM 55% dan pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 76,18 dengan persentase pencapaian KKM 79% yang sudah melebihi pencapaian KKM sebesar 68. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. Kata kunci : Hasil belajar, Discovery Learning (DL)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:38
Last Modified: 15 Sep 2022 00:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5213

Actions (login required)

View Item View Item