PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BINGO BOARD DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BINGO BOARD PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Napisah, Lulis Siti and Suhardi, Eka and Sunardi, Oding (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BINGO BOARD DENGAN PROBLEM BASED LEARNING BINGO BOARD PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 P BIO LULIS SITI NAPISAH.pdf

Download (130kB)

Abstract

Lulis Siti Napisah. 036113042. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board dengan Problem Based Learning Bingo Board pada Materi Sistem Reproduksi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dr. Eka Suhardi M. Si dan Drs. H. Oding Sunardi, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board dengan Problem Based Learning (PBL) Bingo Board. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciawi pada semester dua tahun ajaran 2016/2017 dari bulan Februari hingga bulan Juli 2017. Kelompok kelas X1-1 diberikan model pembelajaran Guided Inquiry Bingo Board dengan jumlah 38 siswa dan pada kelas XI-2 model pembelajaran PBL Bingo Board dengan jumlah 40 siswa. Design penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Postest Group Design. Berdasarkan hasil uji t, menunjukan thitung sebesar 3,8 dan ttabel sebesar 2,64 sehingga thitung ˃ ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran Biologi antara model Guided Inquiry Bingo Board dengan PBL Bingo Board pada materi sistem reroduksi. Nilai rata�rata N-Gain kelompok siswa Guided Inquiry Bingo Board lebih tinggi yaitu 61,3, sedangkan kelompok siswa PBL Bingo Board mendapatkan nilai rata-rata N-Gain 55,9. Maka dapat disimpulkan hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem reproduksi yang menggunakan model Guided Inquiry Bingo Board lebih baik dibandingkan dengan model PBL Bingo Board. Kata kunci : Guided Inquiry, PBL, Bingo Board dan Hasil Belajar Biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:27
Last Modified: 15 Sep 2022 02:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item