PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Ini dengan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016

Haerunisa, Fitriani and Tampubolon, Saur.M and Permana, Irvan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Ini dengan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2016 PGSD Fitriani Haerunisa.pdf

Download (112kB)

Abstract

Fitriani Haerunisa NPM. 037112031. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Memperbaiki Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki hasil belajar kognitif dan afektif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V B di Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A semester genap tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung dan kolabolator sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus satu kali pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, padasiklus I memperoleh nilai 77,5 % dan pada siklus II memperoleh nilai 87%. Selain itu terlihat pada aktivitas belajar siswa meningkat 1,2%, hal ini ditunjukan pada siklus pertama 79,3 pada perubahan aktivitas siswa dan pada siklus kedua 80,5, Begitu pula pada, Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 35,3% dari siklus pertama ke siklus kedua. Hal ini ditunjukan pada hasil belajar siswa pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 75,5 dan pada siklus kedua 79,3. Serta ketuntasan secara klasikal pada siklus pertama sebesar 55,5% dan pada siklus kedua sebesar 89%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki hasil belajar kognitif dan afektif di kelas V A Sekolah Dasar Rimba Putra Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif dan Afektif, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:42
Last Modified: 15 Sep 2022 01:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item