PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAPELAJARANILMU PENGETAHUAN ALAM PenelitianinidenganPendekatanPenelitianTindakanKelasPada SiswaKelas V SekolahDasarNegeri 03KedungWaringinKecamatanBojonggedeKabupaten Bogor Semester Ganjil TahunPelajaran 2018/2019

Nursobah and Tampubolon, Saur M and Muhajang, Tatang (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAPELAJARANILMU PENGETAHUAN ALAM PenelitianinidenganPendekatanPenelitianTindakanKelasPada SiswaKelas V SekolahDasarNegeri 03KedungWaringinKecamatanBojonggedeKabupaten Bogor Semester Ganjil TahunPelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD NURSOBAH.pdf

Download (102kB)

Abstract

Nursobah, 037114015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Alat Pernapasan Manusia dan Hewan pada siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together. Obyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Kedung Waringin Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas proses pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai sebesar 74,5%, pada siklus kedua meningkat menjadi 78% dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 88%. Hasil observasi perilaku siswa juga menunjukan adanya peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu 74,7%, pada siklus kedua meningkat menjadi 78,67% dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 84,3%. Begitu pula dengan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami peningkatan, pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar memperoleh 56,67% dengan nilai rata-rata 71, pada siklus kedua meningkat menjadi 73,33% dengan nilai rata-rata 79, dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 90% dengan nilai rata-rata 81. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Alat Pernapasan Manusia dan Hewan kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kedung Waringin Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:42
Last Modified: 15 Sep 2022 01:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item