PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikahuripan Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

yusup, Trisnandiyanto and Rostikawati and Windiyani, Tustiyana (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikahuripan Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD Trisnandiyanto Yusup.pdf

Download (86kB)

Abstract

TrisnandiyantoYusup, 037114026. Penerapan Model PembelajaranBerbasisMasalahDenganPendekatanSaintifikSubtemaEnergiAlternatifUntukMeningkatkanHasilBelajar PesertaDidikpada kelas IV SDN CikahuripanKecamatanKadudampitKabupatenSukabumi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar FKIP, Universitas Pakuan Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini denganPenelitian Tindakan Kelas dua siklus. Tujuannya memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pesertadidik pada tema Selalu Berhemat Energi melalui model pembelajaranberbasismasalah. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 30pesertadidik.Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86. Hasil perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,4 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 81,2. Hasil keterampilan mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,1 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 89,7. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 73,3% dengan nilai rata-rata 70, dan pada siklus II diperoleh 87% dengan nilai rata-rata 82. Dari penelitian tersebut dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dan mencapai KKM=74. Disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar tema selalu berhemat energi melalui model pembelajaranberbasismasalahdapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pesertadidik di kelas IV SDN CikahuripanKecamatanKadudampitKabupatenSukabumiSemester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran BerbasisMasalah, Hasil Belajar, Tema

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:53
Last Modified: 15 Sep 2022 01:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5237

Actions (login required)

View Item View Item