PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANFAAT ENERGI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bojong Sempu 02 Kabupaten Bogor Semester GasalTahun Pelajaran 2018/2019

Sugianto, Hari and Sukmanasa, Elly and Windiyani, Tustiyana (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANFAAT ENERGI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bojong Sempu 02 Kabupaten Bogor Semester GasalTahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD HARI SUGIANTO.pdf

Download (90kB)

Abstract

Hari Sugianto, 037114410, Peningkatan Hasil Belajar Subtema Manfaat Energi Melalui Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada siswa kelas IV SDN Bojong Sempu 02 Kecamatan Parung KabupatenBogor. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar FKIP, Universitas Pakuan Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dengan desain Penelitian Tindakan Kelas dua siklus. Tujuannya memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Selalu Berhemat Energi melalui model pembelajran Discovery Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 28 siswa, dengan 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,5, siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,25. Begitu pula dengan hasil perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,11 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 82,14. Hasil keterampilan juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,04 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 89,8. Kemudian pada ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh 75% dengan nilai rata-rata 65, dan pada siklus II diperoleh 89% dengan nilai rata-rata 78. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa penilaian ketuntasan hasil belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dan mencapai KKM= 73. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar tema selalu berhemat energi melalui model Discovery Learningdapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Bojong Sempu02 Kecamatan ParungKabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar, Tema Selalu Berhemat Energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:53
Last Modified: 14 Sep 2022 07:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5239

Actions (login required)

View Item View Item