PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Nurfitra, Khaerunisa and Kurnia, Dadang and Budiana, Sandi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD Khaerunisa Nurfitra.pdf

Download (191kB)

Abstract

Khaerunisa Nurfitra. 037114369. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Peninggalan-Peninggalan Sejarah Pada Masa Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor yang terdiri dari 48 siswa, dengan komposisi 25 laki-laki dan 23 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 72,7 dan pada siklus II meningkat sebesar 86,8 melampaui indikator keberhasilan 81. Kemudian observasi perubahan sikap siswa pada siklus I sebesar 68,4 dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 81,0 sudah melampaui indikator keberhasilan 81. Begitu pula pada ketuntasan hasil belajar siklus I mencapai 77,55% menjadi 89,58% pada siklus II meningkat sehingga tercapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 Kata kunci : Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:54
Last Modified: 14 Sep 2022 07:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item