PENERAPAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017 / 2018

Sari, Putri Puspita and Sumardi and Sukmanasa, Elly (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2018 PGSD PUTRI PUSPITA SARI.pdf

Download (131kB)

Abstract

Putri Puspita Sari 037113135 Penerapan Model Kooperatif Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki�laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru sebagai tim kolaboraotor sebagai pengamat/observer. Prosedur penelitian ini dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan ini dilakuakan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 77,5 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89,75 dengan interpretasi baik, begitu pula dengan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan peningkatan, pada siklus I sebesar 74,25 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 88,625 dengan interpretasi baik. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I yang mendapatkan rata-rata 63,2 dengan ketuntasan sebesar 60,00% dari 260 siswa terdapat 12 siswa yang tuntas dan 8 siswa belum mencapai KKM, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 74,25 dengan ketuntasan sebesar 90,00% dari 20 siswa terdapat 18 siswa telah tuntas dan 2 siswa belum tuntas. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciapus 04 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Numbered Head Together

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:22
Last Modified: 14 Sep 2022 07:29
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item