Husna, Melsa Nazmaul and Suhardi, Eka and Munandar, Rifki Risma (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Melsa Nazmaul Husna_036118012.pdf Download (61kB) |
Abstract
ABSTRAK Melsa Nazmaul Husna. 036118012. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Pelajaran Biologi. Di bawah bimbingan Dr. Eka Suhardi, M.Si, dan Rifki Risma Munandar, M.Pd. Kemampuan literasi sains siswa sangat penting dalam proses pembelajaran terutama dalam pembelajaran abad 21. Sehingga dalam proses pembelajaran harus mampu melatih dan mengembangkan kemampuan literasi sains siswa. Salah satu cara untuk melatih kemampuan literasi sains siswa adalah melalui media pembelajaran flipbook yang digunakan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis,Design, Development,Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus hingga November 2021. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMP Cahaya Rancamaya Bogor kelas VIII tahun akademik 2021/2022 sebanyak 19 siswa. Pelaksanaan uji coba lapangang dilaksanakan dengan uji coba terbatas dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis STEM pada materi sistem peredaran darah yang dikembangkan memiliki fitur dan karakteristik memuat konsep sains, kemudian media pembelajaran flipbook efektif dalam meningkat kan kemampuan lit erasi sains d an layak unt uk d igunakan d alam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis N-Gain yaitu 0,52 yang menunjukan kriteria sedang dan analisis nilai validasi ahli yang menunjukan flipbook termasuk ke dalam media pembelajaran yang layak digunakan. Respon siswa positif terhadap media pembelajaran flipbook berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem peredaran darah. Kata kunci: Kemampuan Literasi sains, Flipbook, STEM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:23 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:22 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/5254 |
Actions (login required)
View Item |